Tembus Rp8,18 M! Ini 7 Turnamen E-Sports dengan Hadiah Terbesar di Indonesia

Banyak game yang menghasilkan uang dan bisa kamu pilih buat menambah pundi-pundi. Karena kecanggihan zaman, mendukung kamu mendapatkan rezeki dengan cara menyenangkan. Saat ini banyak lho game yang menghasilkan uang buat dompet kamu.

Modalnya yang digunakan juga gak banyak kok, paling cuma modal komputer atau ponsel pintar, plus akun gratisan. Ketekunan dan keuletan menjadi kunci utama mendapatkan kesuksan dalam menghasilkan uang lewat game.

Tapi kamu tahu gak, apa saja sih game yang menghasilkan uang? Dan bagaimana caranya bisa kaya dari main game? Jawabannya adalah, E-Sports!

Perkembangan dunia E-Sports di Indonesia terus mengalami peningkatan. Tak hanya diresmikannya cabang E-Sports sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan secara resmi dalam beberapa kejuaraan nasional atau internsaional, berbagai turnamen E-Sports juga terus diadakan. Bahkan, hadiah totalnya pun mencapai miliaran rupiah.

Dilansir dari berbagai sumber oleh AKURAT.CO, ini 7 turnamen E-Sports dengan total hadiah terbesar di Indonesia.

1. Free Fire Champions Cup 2020

Mengawali tahun 2020, pemerintah Indonesia melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio, akan mengadakan salah satu turnamen E-Sports terbesar di Indonesia. Dimulai pada tanggal 19 April 2020, turnamen Free Fire Champions Cup ini khusus memperlombakan cabang game Free Fire dengan total hadiah sebesar Rp8,18 miliar.

2. Mobile Legends Professional League (MPL) Season 4

Tidak hanya menjadi turnamen dengan total hadiah terbesar tahun 2019 lalu, tetapi Mobile Legends Professional League (MPL) Season 4 juga menjadi liga E-Sports pertama yang menggunakan sistem franchise league di Indonesia. Artinya, setiap tim yang mengikuti turnamen diwajibkan membayar biaya pendaftaran yang mencapai Rp15 miliar. Berlangsung pada Agustus hingga Oktober 2020 di XO Hall dan Tennis Indoor Senayan, turnamen yang diikuti oleh delapan tim ini memperebutkan total hadiah mencapai Rp4,25 miliar.

3. SEACA 2020

Pertama kali diadakan pada tahun 2018, South East Asia Cyber Arena (SEACA) kembali digelar oleh UniPin Esports pada November 2020 lalu. Dengan empat game yang diadu, Dota 2, Free Fire, Player Unknown’s Battleground (PUBG) Mobile, dan Tekken, peserta turnamen se-Asia Tenggara ini memperebutkan hadiah total mencapai Rp2,4 miliar.

4. Mobile Legends Profesional League (MPL) Season 3

Jika MPL Season 4 digelar di akhir tahun 2020, MPL Season 3 digelar pada Januari 2020 secara online. MPL Season 3 diikuti oleh 12 tim dan memperebutkan total hadiah mencapi Rp1,7 miliar.

5. Piala Presiden

Piala Presiden dengan bantuan Indonesia E-Sports Premiere League (IESPL) adalah turnamen E-Sports pertama yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Digelar pada Januari hingga Maret 2020, turnamen yang kualifikasinya diadakan di beberapa daerah di Indonesia ini memperebutkan total hadiah mencapai Rp1,5 miliar. Selain itu, tiga tim terbaik di Piala Presiden ini masuk ke dalam Pelatnas sebagai persiapan untuk bertanding di Sea Games Filipina lalu.

6. ESL National Championship Season 1

Digelar pada Januari hingga Maret, ESL National Championship Season 1 memperlombakan dua game, yaitu Dota 2 dan Arena of Valor (AOV). Turnamen yang dimenangkan oleh BOOM.ID di game Dota 2 dan EVOS Esports di AOV ini memperebutkan total hadiah mencapai Rp1,4 miliar.

7. JD.ID High School League 2020

Tak hanya diperuntukkan bagi pemain E-Sports profesional, beberapa turnamen juga didesain khusus untuk pemain yang masih menjadi siswa sekolah menengah atas. Salah satunya adalah JD.ID High School League 2020. Dengan tiga game yang diperlombakan, yaitu liga Dota 2, turnamen Dota 2, dan turnamen Mobile Legends, JD.ID HSL 2019 ini memperebutkan total hadiah senilai Rp1,2 miliar.

Berbagai turnamen tersebut tidak hanya melahirkan berbagai atlet pelatnas di cabang E-Sports, tetapi juga dapat digunakan untuk mempromosikan daya tarik wisata Indonesia.