Tajir Melintir! 10 Pemain Esports dengan Total Pendapatan Tertinggi Asal Indonesia

Perkembangan esports beberapa tahun ke belakang memang sedang melaju pesat. Untuk orang-orang yang memiliki bakat dan memiliki passion di bidang ini, tentunya esports menjadi lahan baru bagi mereka. Orang-orang tersebut sukses mendapatkan penghasilan yang tidak terbayangkan sebelumnya. Bagaimana tidak, pandangan jelek orang tua mengenai bermain game biasanya menghalangi seseorang untuk menjadi atlet esports.

Hingga akhirnya hingar bingar gelaran esports di Indonesia mulai membuka mata para orang tua. Mereka mulai percaya dengan bermain game juga bisa mendapatkan uang. Asal ditekuni dengan serius. Penghasilan yang didapatkan oleh seorang atlet esports tidak main-main. Bisa mencapai ratusan, bahkan miliaran rupiah! Belum lagi bonus dari tim dan dari sponsor. Kali ini kru Playon9Games mencoba menjabarkan 10 Pemain Esports dengan Total pendapatan Tertinggi Asal Indonesia menurut website esportsearnings. Siapa saja mereka? Mari kita lihat.

1. Hansel “BnTeT” Ferdinand

Nangkring di posisi pertama, ada BnTeT sang pemain Counter Strike: Global Offensive yang saat ini bermain untuk tim asal Tiongkok. Tim tersebut adalah Tyloo. BnTeT membela tim berlambang naga merah ini sejak tahun 2017 setelah meninggalkan Recca Esports. Total penghasilan BnTeT sendiri mencapai 110,315 USD atau setara dengan 1,500,000,000 Rupiah. Ya kamu tak salah lihat. 1,5 Miliar Rupiah! Penghasilan tertinggi BnTeT ada di ajang StarLadder & ImbaTV Invitational Chongqing 2018. Dimana dirinya berhak mendapatkan 15.000 USD atau setara dengan 210.000.000 Rupiah.

2. Kevin “xccurate” Susanto

Posisi kedua ada xccurate yang kini bermain untuk Big Time Regal Gaming (BTRG). Sebelum masuk ke BTRG, xccurate membela Tyloo bersama dengan BnTeT. Mereka berdua sama-sama pindah ke Tyloo setelah membela Recca Esports. Pemain satu ini dikenal dengan keganasannya ketika menggunakan AWP. Total penghasilan dari xccurate adalah 68,590 USD atau setara dengan 964,000,000 Rupiah. Sungguh angka yang fantastis! Penghasilan terbesar xccurate sama seperti BnTeT. Ketika, mereka bersama menjuarai StarLadder & ImbaTV Invitational Chongqing 2018.

3. Kenny “Xepher” Deo

Xepher adalah mantan kapten dari tim Rex Regum Qeon. Dirinya pindah ke tim Tigers bersama inYourdreaM dan sukses memenangi gelaran DreamLeague Season 10. Tigers mengalahkan Natus Vincere kala itu. Xepher akhirnya nangkring di posisi ketiga untuk soal pemain esports dengan pendapatan tertinggi asal Indonesia. Xepher mengantungi 41,983 USD atau setara dengan 590,000,000 Rupiah. Pendapatan terbesar dari Xepher tentunya ketika dirinya sukses memenangi DreamLeague Season 10. Terlepas dari rumor bahwasanya uang tersebut masih ditahan oleh manajemen Tigers.

4. Muhammad “inYourdreaM” Rizky Anugrah

Siapa yang tidak kenal inYourdreaM? Semua pemain Dota 2 pasti pernah mendengar dirinya. inYourdreaM adalah pemain dengan MMR paling tinggi di Region Southeast Asia (SEA). inYourdreaM pindah dari BOOM ID (sekarang BOOM Esports) ke Tigers bersama dengan Xepher. Selama karirnya, inYourdreaM sukses mengantungi 41,853 USD atau setara dengan 588,365,881 Rupiah. Penghasilan terbesar dari inYourdreaM sama seperti Xepher, ketika mereka sukses memenangi DreamLeague Season 10.

5. Randy “Dreamocel” Muhammad Sapoetra

Pemain yang menghebohkan jagat Dota 2 Indonesia karena keputusannya setelah berpindah posisi dari Carry menjadi Support ini juga merupakan salah satu pemain dengan pendapatan tertinggi di Indonesia. Tercatat 2 tahun bersama BOOM Esports, Dreamocel sukses mengantungi 24,514 USD atau setara dengan 344,663,668 Rupiah. Pendapatan tertinggi Dreamocel datang ketika dirinya menjadi runner up di Asia Pacific Predator League 2019.

6. Annialis

Tidak tercantum nama asli dari pemain ini. Jujur kru Playon9Games juga baru mendengar namanya ketika mengakses situs esportsearning. Namun Annialis adalah pemain esports untuk game Fortnite. Tercatat di website esportsearning, Annialis pernah bermain untuk Team Solo Mid. Annialis mendapatkan total 23,950 USD atau setara dengan 336,766,884 Rupiah. Di sosial medianya, Annialis juga merupakan partner official dari Twitch dan Discord.

7. Made “Luxxy” Bagus Prabaswara

Berawal dari Game Rules of Survival, Luxxy memulai debutnya bersama dengan saudara kembarnya Zuxxy. Seiring dengan populernya Playerunknown Battleground Mobile (PUBG Mobile), dua saudara kembar ini pindah game dan membuktikan mereka masih memiliki taji bersama tim Bigetron. Luxxy sukses mengantungi 23,860 USD atau setara dengan 335,511,005 Rupiah. Penghasilan terbesar Luxxy adalah dari turnamen PUBG Mobile Star Challenge 2019 dan sukses mengantungi 12,500 USD atau setara dengan 175,761,819 Rupiah.

8. Made “Zuxxy” Bagas Pramudita

Dynamic Duo nampaknya patut disematkan kepada Zuxxy dan Luxxy. Mereka sukses memenangi beberapa gelaran turnamen bersama. Tak hanya itu, mereka juga mewakili Indonesia untuk gelaran PUBG Mobile World Cup beberapa waktu lalu. Sama seperti Luxxy, Zuxxy mengantungi 23,860 USD atau setara dengan 335,511,005 Rupiah. Perlu kamu catat, umur mereka berdua masih 16 tahun loh!

9. Alfi “Khezcute” Nelphyana

Khezcute adalah kapten dari BOOM Esports. Dirinya bermain sebagai Support untuk tim berlambang serigala hitam satu ini. Selama membela BOOM Esports dari tahun 2017, Khezcute sukses mengantungi 23,014 USD atau setara dengan 323,604,008 Rupiah. Pendapatan terbesar Khezcute ketika dirinya berhasil jadi runner up di gelaran Asia Pacific Predator League 2019. Tak dapat dipungkiri, Khezcute merupakan salah satu pemain yang konsisten dalam membela BOOM Esports.

10. Tri “Jhocam” Kuncoro

Jhocam keluar dari BOOM Esports seiring dengan masuk kembalinya inYourdreaM ke dalam BOOM Esports. Jhocam yang terkenal akan permainan Earth Spiritnya ini sepanjang karirnya sukses mengantungi pendapatan sebesar 21,714 USD atau setara dengan 305,339,301 Rupiah. Jumlah yang cukup lumayan. Pengalaman mengikuti beberapa gelaran Minor juga salah satu bekal Jhocam untuk mencari tim selanjutnya.

Itu dia, 10 Pemain Esports dengan Total Pendapatan Tertinggi Asal Indonesia. Kebanyakan para pemain dengan pendapatan tertinggi ini dari Dota 2, karena memang game ini sudah booming di ranah Internasional. Kru Playon9Games hanya melansir data dari situs esportsearnings.com, jika kamu menanyakan bagaimana dengan penghasilan pemain Mobile Legends: Bang Bang? Kami masih mencari data yang valid tentang hal tersebut. Pantengin Playon9Games untuk info selanjutnya ya!