Sistem pembuatan karakter Cyberpunk 2077 tidak akan memiliki opsi gender

Pengembang CD Projekt Red mengungkapkan dalam sebuah wawancara baru bahwa Cyberpunk 2077 mendatang tidak akan memasukkan pilihan gender tradisional dalam pembuatan karakter. Permintaan gender ‘Pria / Wanita’ yang diharapkan akan dilupakan sama sekali, dengan opsi presentasi gender menjadi fokus utama dalam pembuatan karakter, sebagaimana dikonfirmasi dalam wawancara baru-baru ini.

Pembuatan karakter terperinci bukanlah fenomena baru dalam permainan video, tetapi di mana Cyberpunk 2077 akan berhenti dari tipe adalah memisahkan berbagai item presentasi gender dari presentasi biner dalam proses pembuatan karakter. Pemain tidak akan memilih untuk membuat karakter pria atau wanita, sebagai gantinya, mereka akan memiliki akses ke salah satu dari dua suara dan tipe tubuh. Hal ini memungkinkan pemain untuk membuat representasi fisik apa pun yang mereka suka tanpa asumsi tersirat tentang representasi itu.

Marthe Jonkers, artis konsep untuk CD Projekt Red, baru-baru ini menetapkan ini sambil mendiskusikan fitur-fitur baru yang akan dimasukkan dalam game, seperti proses pembuatan karakter yang lebih terlibat. Tampaknya, ada dorongan yang lebih besar menuju inklusi untuk tidak hanya orang-orang dengan warna kulit dan tipe tubuh yang berbeda, tetapi juga presentasi gender.

“Tentu saja, jika Anda menangani masalah tertentu maka Anda akan mengharapkan orang untuk memiliki pendapat tentang hal itu dan kami menghormatinya,” kata Jonkers dalam sebuah wawancara dengan Metro. “Dan ada baiknya orang memberi kami umpan balik. Dan menu pembuatan karakter kami, misalnya, dibandingkan dengan demo terakhir kami sekarang memberi Anda lebih banyak opsi. Misalnya, Anda tidak memilih jenis kelamin Anda lagi. Anda tidak memilih , ‘Saya ingin menjadi karakter wanita atau pria’ Anda sekarang memilih tipe tubuh. Karena kami ingin Anda merasa bebas untuk membuat karakter apa pun yang Anda inginkan. “

Pengungkapan tentang permainan ini muncul di tengah kontroversi mengenai penanganan CD Projekt Red tentang isu-isu gender di masa lalu. Misalnya tweet dari lelucon yang beberapa dianggap transphob dan seksis. CD Projekt Red meminta maaf dalam kapasitas resmi, tetapi ini masih dikaitkan dengan merek mereka hingga tingkat yang cukup untuk muncul dalam wawancara.

“Kami hanya ingin tahu apa yang bisa kami tingkatkan karena kami ingin membuat permainan yang benar-benar bagus dan kami benar-benar ingin membuat permainan yang nyaman dimainkan semua orang.” Jonkers berkata, “Tapi pada saat yang sama kita akan mengatasi masalah-masalah yang sulit. Bagaimanapun juga, ini adalah dunia cyberpunk.”

Cyberpunk 2077 dijadwalkan keluar pada 16 April 2020 di berbagai platform termasuk Windows, Playstation 4 dan Xbox One.