BlizzCon Diadakan Tahun Depan, dan Blizzard Untung Miliara

Blizzard umumkan niatnya untuk menjalankan virtual BlizzCon pada awal 2021 sebagai pengganti BlizzCon sebelumnya yang batal karena pandemi corona.

Imbas dari pandemi corona yang sedang berlangsung, banyak acara dan konferensi seperti Game Developers Conference dan Bethesda QuakeCon beralih ke daring / online. Blizzard Entertainment memutuskan untuk tidak mengadakan konvensi tahunannya yaitu BlizzCon karena memperhatikan permasalahan kesehatan dan tidak diperbolehkannya pertemuan besar diadakan, tapi sepertinya Blizzard membuat rencana untuk mengadakan acara Blizzcon secara digital tahun depan.

Pengumuman mengenai pembatalan BlizzCon 2020 dikabarkan pada bulan Mei lalu, dan semenjak pernyataan tersebut tidak ada lagi kabar mengenai acara tersebut. Hal mengenai BlizzCon 2021 yang akan diadakan secara virtual itu muncul ketika Q&A konferensi laporan keuangan perusahaan 2020 kuartal kedua. Acara itu akan menjadi “penyaluran semangat BlizzCon” ujar pihak eksekutif, namun tidak banyak hal rinci lainnya yang diberikan.

Mereka sangat senang memiliki “komunitas yang memiliki semangat dan ingin terlibat” yang ingin mengetahui mengenai proyek yang sedang berjalan, namun jika melihat keadaan dunia saat ini, segala yang direncanakan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika nantinya virtual BlizzCon terjadi, para penggemar harusnya bersemangat untuk mengetahui mengenai games yang sebelumnya telah diumumkan seperti Overwatch 2, dan Diablo Immortal, yang trailernya sudah diputar di ChinaJoy 2020. Selain itu yang menjadi topik diskusi pada konferensi yaitu mengenai game Crash Bandicoot 4, kerjasama waralaba Call of Duty, dan masih banyak lagi.

Seperti yang telah banyak dibicarakan, Blizzard belakangan panas diperbincangkan karena permasalahan dengan karyawannya. Dokumen internal perusahaan mengenai gaji karyawan yang dibocorkan oleh pihak tidak diketahui. Kebocoran tersebut dipublikasikan oleh Bloomberg, lebih dari setengah karyawan Blizzard tidak senang atas gaji yang didapat, terutama atas apa yang telah mereka berikan. Blizzard sempat diwarnai protes di Hong Kong saat BlizzCon 2019 November lalu.

Terlepas dari kontroversi ini dan pandemi yang sedang berlangsung, acara Blizzard seperti Overwatch Summer Games 2020 dan World of Warcraft Shadowlands tetap direncanakan dan akan dirilis. Perusahaan juga mengumumkan mengenai kenaikan laba pada kuartal kedua yang lebih tinggi dari perkiraan, bersama Activision Blizzard mendapatkan keuntungan bersih senilai 1,93 Miliar Dollar.