7 Hal Menarik dari Far Cry 6 yang Dapat Kamu Ketahui Sebelum Rilis

Waralaba game first person shooter (FPS) Far Cry milik Ubisoft akan segera hadir kembali tahun ini. Far Cry 6 pertama kali diumumkan oleh Ubisoft pada acara Ubisoft Forward tahun 2021 lalu lewat trailer sinematik. Tak banyak informasi yang dibagikan oleh Ubisoft pada acara pengganti E3 tersebut. Namun seri keenam ini terlihat sangat menjanjikan seperti seri Far Cry 5 yang rilis tahun 2018 lalu. 

Walau akan segera rilis, Ubisoft masih menutup rapat-rapat segala informasi mengenai Far Cry 6 sampai saat ini. Nah berikut ini penulis telah merangkum beberapa hal menarik yang dapat kamu ketahui sebelum main Far Cry 6. Apa saja, simak sama-sama berikut ini gaes. 

1. Latar

Far Cry 6 berlatar tentang politik dan bagaimana sebuah pandangan yang berbeda pasti mengarah pada konflik. Berlokasi pada sebuah negara fiksi bernama Yara terletak di Amerika Selatan yang dikuasai oleh tiran.

Yara merupakan negara miskin sebagai akibat dari sanksi ekonomi beberapa dekade sebelumnya. Kemiskinan di Yara ini juga membuat banyak terjadinya demonstrasi serta warga menjadi terpecah belah. Mereka menuntut untuk keluar dari zona stagnasi dan menginginkan era baru yang membawa kemakmuran. 

Namun negara fiksi tersebut dipimpin oleh seorang presiden bernama Anton Castillo yang dikenal sebagai sosok tiran. Ia berniat membangun kembali negara Yara dengan ambisi dan cara kotornya. Sadar terjadi pemberontakan atas kepemimpinannya, Castillo justru mengajarkan sesuatu kepada anaknya, Diego yang dipersiapkan untuk menggantikan posisinya di masa depan. 

2. Karakter Villain

Waralaba Far Cry selalu memiliki karakter villain yang akan dihadapi oleh pemain. Pada Far Cry 6, pemain akan berhadapan dengan sosok Anton Castillo, presiden dari negara fiksi Yara. Karakter Anton pada Far Cry 6 diperankan oleh aktor antagonis yang terkenal, yakni Giancarlo Esposito. 

Nama Esposito semakin terkenal sejak ia berperan sebagai Gus Fring dalam serial Breaking Bad. Selain itu, Esposito juga muncul sebagai Moff Gideon dalam seri The Mandalorian. Kesuksesan Esposito memerankan karakter antagonis membuatnya turut hadir sebagai karakter villain dalam seri Far Cry 6. 

3. Karakter Protagonis

Tak banyak informasi mengenai karakter protagonis yang ada dalm Far Cry 6. Tapi Ubisoft mengatakan bahwa pemain akan berperan sebagai Dani Rojas, seorang warga Yara biasa yang memiliki tekad untuk melindungi negara dari pemimpin yang tiran. Ia ikut dalam kelompok pemberontak dan menuntut revolusi serta meruntuhkan kepemimpinan Anton Castillo. 

Narative director Far Cry 6, Navid Khavari mengatakan bahwa karakter Rojas akan menjadi seorang gerilyawan yang memiliki peran penting dalam aksi revolusi yang terjadi di Yara. Walau begitu, Dani Rojas tidak dari awal ikut gerakan gerilyawan. Sehingga pemain akan dapat melihat bagaimana perjalanan Dani Rojas sebagai warga biasa hingga dapat ikut menjadi pemberontak.

Perjalanan Dani Rojas nantinya akan dikemas dalam bentuk cutscene, untuk melihatnya mengambil keputusan serta berinteraksi dengan karakter lain.   

Selain itu, pemain nantinya akan dapat mengkustomisasi karakter Dari Rojas dengan berbagai outfit yang disediakan. 

4. Animal Companion

Seperti sebelumnya, Far Cry 6 juga akan kembali menghadirkan animal companion yang memberikan pengalaman bermain yang lebih seru. Bulan Agustus 2020 lalu Ubisoft telah mengumumkan Chorizo, seekor anjing berkebutuhan khusus yang menggunakan dua roda belakang untuk bergerak.

Anjing yang lucu ini nantinya akan membantu pemain dalam Far Cry 6. Terlihat kalau kedua roda belakang yang digunakannya diisi dengan beberapa item, seperti perkakas, amunisi, senjatan dan hal lain yang akan dapat digunakan oleh pemain. 

5. Hadirkan Cutscene dalam Perspektif Orang Ketiga

Jika pada seri Far Cry sebelumnya Ubisoft selalu hadirkan cutscene dalam sudut pandang orang pertama, di Far Cry 6 mereka akan hadirkan cutscene dengan perspektif orang ketiga. Hal in dikonfirmasi oleh narrative director Far Cry 6, Navid Khavari yang mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan cerita naratif yang berbeda, developer ingin menerapkan fitur yang belum pernah diimplementasikan di seri sebelumnya yakni cutscene sinematik dalam perspektif orang ketiga.

Hal ini memungkinkan pemain untuk dapat melihat karakter Dani Rojas yang telah mendapatkan kostumisasi oleh pemain.  

6. Multiplayer

Sepertinya Far Cry 6 juga kembali memiliki mode multiplayer. Informasi tersebut muncul lewat bocoran yang diberikan oleh akun Twitter yang mengunggah tangkapan gambar beberapa informasi Far Cry 6 pada halaman PlayStation Store Hong Kong. Dijelaskan kalau game milik Ubisoft tersebut akan memiliki mode two-player cooperative, sama seperti seri Far Cry sebelumnya. 

7. Perilisan 

Rencananya, Far Cry 6 akan dirilis untuk PlayStation 4, Xbox One, PC via Epic Games Store dan Uplay, dan Stadia pada tanggal 18 Februari 2021 mendatang. Menariknya, bila gamer telah membeli versi PS4 atau Xbox One maka juga meng-upgrade-nya ke konsol next-gen sehingga dapat juga memainkannya pada versi PlayStation 5 dan Xbox Series X tanpa tambahan biaya lagi.